Maaph ye, aye kbetulan lagi jarang update blog
biase, lagi liburan kliling dunie skalian nyari cowo bo'
yuk ah mareee...!!!
 

Jumat, 27 Juli 2007

Review: Musisi Malaysia Protes Dominasi Musik Indonesia [Kapanlagi.com]

Kapanlagi.com - Membanjirnya grup musik Indonesia ke Malaysia kini mulai menuai
protes dari para penyanyi negeri jiran itu, karena dinilai telah meng-'anaktiri'-kan karya musik penyanyi lokal, dan memposisikan industri musik Malaysia diambang bahaya. Bahkan sebuah koran berbahasa Melayu terbesar, Berita Harian, mengutip perumpamaan seorang pemusik Malaysia atas serbuan grup musik Indonesia, ibarat kata, 'kera di hutan disusukan, anak di rumah mati kelaparan', kata Hattan, pemusik Malaysia, di Kuala Lumpur, Kamis (26/7).

"Kesalahan sebenarnya adalah karena kita telah membuka tangan seluas-luasnya menyambut kedatangan artis Indonesia ke sini, tapi jika artis kita ke Indonesia, apakah kita disambut baik juga di sana," kata Amy Search dan Hattan.

Kondisi ini, menurut mereka, sangat memprihatinkan karena karya musik Indonesia 'kita' angkat, sedangkan karya pemusik Malaysia tidak disejajarkan karena alasan kualitasnya tidak sebanding.

Koran ini menurunkan berita ini setelah dua hari lalu, Letto meluncurkan album Truth, Cry & Lie di Malaysia. Beberapa hari sebelumnya, Acha Septriasa dan Irwansyah mempromosikan lagu ADA CINTA dan filmnya LOVE IS CINTA di Malaysia.

Beberapa mahasiswa Indonesia yang kuliah di Universiti Malaya pun mengungkapkan bahwa banyak mahasiswa Arab hafal dengan lagu tersebut. Lagu dan film MY HEART yang dinyanyikan dan dibintangi Acha Septriasa dan Irwansyah sempat meledak di Malaysia.

Beberapa bulan lalu Agnes Monica juga mengadakan konser di Kuala Lumpur, bahkan grup musik Peterpan meluncurkan album ke-3 pertama kali di Kuala Lumpur.

Peterpan menjadi ikon salah satu produk Celcom. Begitu juga artis yang baru naik daun Bunga C Lestari sudah memasarkan albumnya di negara jiran ini beberapa bulan lalu.

Amy Search dan Hattan kecewa karena radio-radio Malaysia terlalu sering memutar lagu-lagu pemusik Indonesia, sehingga masyarakat Malaysia banyak hafal nama grup musik tanah air seperti Dewa, Peterpan, Ratu, Radja, dan kini Letto.

Pada 11 Agustus 2007, grup Ungu juga akan konser di Kuala Lumpur. Sedangkan radio-radio di Indonesia boleh dibilang jarang memutar lagu-lagu pemusik Malaysia.

Beberapa radio Malaysia, misalkan yang top seperti Era FM, Hot FM, Suria FM, selain mereka punya program khusus memutar lagu-lagu Indonesia, juga pada malam hari, banyak memutarkan lagu Indonesia untuk menemani masyarakat Malaysia sebelum berangkat ke peraduan.

Bukan saja musik, Astro yang punya jaringan TV berlangganan, punya channel khusus memutar film-film Indonesia selama 24 jam, beberapa channel lainnya juga ada yang putar film-film Indonesia, tapi Astro yang tumbuh dari Malaysia boleh dibilang tidak pernah memutar film Malaysia di Indonesia.

"Kami bukannya cemburu dengan artis Indonesia karena Search pernah sukses di Indonesia. Kami kasihan dengan pemusik-pemusik Malaysia yang baru. Mereka tidak banyak mendapatkan mendapatkan peluang promosi," kata Amy Search







Komen aye bo'
Punten ye musisi malaysia, bukannye aye ngrendahin kualitas musisi negri sane, tapi kalo musiknya cuman gitu-gitu doang (melayu-melayu ga jelas) toh ga bakal dilirik ame pendengarnye ko!
lagian banyak ko musisi indonesia yang juge ga ditrima di negri sendiri..
contohnye:
Ressa Herlambang.. Maw guling-gulingan, mati-matian nyari lagu seberape dahsyat juga toh ga berkembang samasekali..!!
kecuali desye bise ngejual dirinye sendiri!

Sbenernye sih Kualitas bukan modal utame bo'
nyang penting tuh lagu, film, sinetron ato whatever-lah bise dijual bo'
sebagus apapun, semenarik apapun, secantik apapun, kalo engga bise dijual buat apa bo'?


Nah skarang..
Acha Septriasa & BBB, tuh swara pan same-same ancurr!! tapi kalo mreka ngebuktiin bise ngejual, apa maw dikate?
skarang dibandingin Jaclyn Victor..
Katanye suarenye menggelegar, harum mempesona dan luar biase, tapi mane hasilnya??

bise ga bikin orang banyak bwat ngebeli kasetnye?


trus sedikit komen buwat mas Amy Search,..
aye juge trenyuh sih mas liyat kondisi bgitu, tapi itulah idup, musti bise bersaing bo'
ha ha ha...

Gini loh bo'
Gimane ame nasib Music en Film Hollywood?
bukannye juge ngerajain dunia entertainment dimana-mana, termasuk di malaysia kan?
tapi situ sirik ga ngliyat kedahsyatan mereka?
di Indonesia juga iye ko, tapi gimane caranye kita berusahe jadi tuan rumah di negri sendiri aje bo'

Kbayang pas waktu dulu ga jeng..
pas di tipi, kite rajiin banget ngliyat Siti Nurhaliza, Slam, Spoon, Exist, Amy Mastura, Search dll sempet bikin hits di negri sini, ape kita cuman bise ngritik?
ga kan..??
kritik siey pasti bakal kluar dari mulut (lha wong namanye juge manusia, pasti bakal terus-terusan ngritik) tapi kalo dari kelemahan ntu bise jadi pemacu smangat, knape engga bo'?





Yayh intinye, ga mari kite bersaing en berkompetisi dengan sehat..!!
Ga usah sirik-sirikan, toh ga akan nylesein masalah..
skarang cari jalan, gimane caranye jadi tuan rumah di negri sendiri..

Yuk ah mareeee...
skarang aye ga usah ngasih komen Bey d Wey,..
toh udah kewakilin smuanye diatas..
ha ha ha...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

emang juga ya teh salma,,kalo dilihat-lihat mah,,emang musisi sana ngga berkembang ya teh,,,dari dulu teh gtu2 mulu,,ngga ada yg spekta,baik lagu,video klip,ampe musiknya,,,contonya aja,,masa ada klip female singer gtu ya teh,,yg dsana di cap diva,videonya sekelas dangdut koplo di kita,,ih jijay bajay d pokonya,,,